Jumat, 04 Februari 2022

PROFIL DAN ANALISIS SWOT PERUSAHAAN SPECS

PROFIL DAN ANALISIS SWOT PERUSAHAAN SPECS

 

A. Profil Perusahaan 

1. Sejarah dan profil perusahaan 

    Specs adalah salah satu perusahaan penyedia alat-alat olahraga yang cukup populer di negeri ini. Ternyata Specs merupakan produk bangsa Indonesia. Didirikan tahun 1980 dan memperkenalkan nama SPECS pada tahun 1994 di Jakarta, Specs sampai sekarang sudah berhasil mendapat tempat di hati para pecinta produk olahraga Indonesia. 

    Kehadiran produk impor tidak membuat Specs kalang kabut. Mereka semakin menunjukkan identitas bangsa ini melalui berbagai produk olahraga yang dikeluarkannya. Berbagai produk mereka seakan menunjukkan bahwa inilah Indonesia. 

    Specs semakin menancapkan kukunya di dunia olahraga Indonesia ketika pada tahun 2004 memperluas produknya ke Badminton, Taekwondo, Hardware seperti, tas sepatu atau tas tim. Mereka juga mulai menjadi apparel bagi beberapa klub di Liga Indonesia. 

2. Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan 

1) Visi Perusahaan 

Visi perusahaan Specs adalah menjadi pemimpin merek olahraga di Asia tenggara. 

2) Misi Perusahaan 

Misi perusahaan antara lain menjadi merek olahraga paling diinginkan dengan pengiriman kualitas produk superior dengan nilai terbaik untuk uang. 

3) Tujuan Perusahaan 

Tujuan perusahaan Specs adalah untuk mempromosikan sebuah hidup sehat dengan olahraga 

 

B. Lingkungan eksternal dan internal 

1. Eksternal berdasarkan

a) Opportunity 

1) Fasilitas – fasilitas olahraga yang semakin banyak.

2) Olahraga telah menjadi gaya hidup tersendiri.

3) Daya beli masyarakat terhadap produk-produk SPECS.

4) Banyaknya event-event olahraga seperti World Cup, AFF, Sea Games, PON, dan lain-lain. 

5) Terbukanya peluang menjadi apparel tim olahraga

6) Gaya hidup cinta produk dalam negeri. 

b) Threat 

1) Brand impor yang mudah masuk.

2) Brand impor yang produksi dalam negeri.

3) Brand olahraga baru yang bermunculan

4) Perilaku masyakarat yang membandingkan brand

5) Produsen produk palsu

 

2. Internal Berdasarkan Sumber Daya Perusahaan 

a) Strength 

1) Merupakan produk buatan dalam negeri. 

2) SPECS memiliki sertifikat ISO-9001 dari Lloyd Register Quality Assurance untuk Quality Management System. 

3) Memiliki harga yang lebih terjangkau. 

4) Desain yang tidak kalah menarik dengan pesaing. 

5) Telah mendapatkan banyak penghargaan. 

b) Weakness 

1) Anggaran yang kurang untuk riset dan pengembangan. 

2) Konsep pemasaran yang kurang kuat selama ini. 

3) Kualitas produk yang dinilai tidak sebaik pesaing. 

4) Akses atau relationship yang kurang dengan konsumen 

5) Hanya dikenal sebagai brand olahraga sehingga hanya memiliki target para pecinta olahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penelitian: Pengaruh Digital Marketing terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen di Aerostreet

  Pengaruh Digital Marketing terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen di Aerostreet   Nizar Alam Hamdani, Rio Muladi , Galih Abdul...